Bersinergi membangun negeri demi generasi selanjutnya

Aset Kami

Batu Bara

Batu bara digunakan sebagai bahan bakar untuk berbagai industri strategis, baik dalam negeri dan untuk industri-industri lain di seluruh dunia. Beberapa diantaranya adalah pembangkit tenaga listrik dan industri baja. Anggota Holding yang mengelola aset batu bara adalah PT Bukit Asam Tbk.

Emas

Emas amat penting bagi beragam industri juga sebagai instrumen investasi. Emas dapat digunakan sebagai bahan pelapis, dekorasi pada gelas dan keramik, bahan penyepuh, book binding, aksara, dan dekorasi lainnya. Selain itu, emas juga diperlukan sebagai bahan dalam industri kimia, pembuatan gelas dan kedokteran gigi. Anggota Holding yang mengelola emas adalah PT Aneka Tambang Tbk atau ANTAM dan PT Freeport Indonesia.

Logam Timah dan Tin Solder

Timah telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Awalnya digunakan sebagai peralatan dapur. Saat ini timah banyak digunakan di berbagai industri, antara lain pelapis produk baja, penyambung logam dengan menggunakan solder, sirkuit kelistrikan, komponen logam ringan, magnet konduksi, sensor gas industri keramik, bahan produksi kaca, komponen industri otomotif, pipa, elektronika, dan konstruksi. Anggota Holding yang mengelola aset timah adalah PT Timah Tbk.

Aluminium

Aluminium merupakan logam yang ringan, kuat, dan tahan korosi. Aluminium penting bagi banyak industri dan banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga, bingkai jendela, kerangka bangunan, sampai industri pesawat terbang. Anggota Holding yang mengelola aset aluminium adalah PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM.

Feronikel

Feronikel umumnya digunakan sebagai bahan pemadu dalam pembuatan baja. Nikel bersama-sama logam kromium merupakan unsur logam pemandu yang terdapat di dalam baja tahan karat. Anggota Holding yang mengelola aset feronikel adalah PT Aneka Tambang Tbk.

Bijih Nikel

Pemanfaatan nikel yang paling utama adalah sebagai paduan dari besi dan kromium untuk menghasilkan baja yang tahan karat. Selain itu, paduan nikel dengan kandungan yang lebih tinggi seperti stainless steel banyak digunakan untuk aplikasi yang lebih besar seperti turbin gas dan di industri kimia. Paduan nikel-besi banyak digunakan dalam elektronik dan rekayasa spesialis, sedangkan paduan nikel-tembaga digunakan untuk mata uang dan pada industri kelautan. Anggota Holding yang mengelola aset bijih nikel adalah PT Antam, Tbk.

Bauksit

Dalam kimia, bauksit bersama dengan alumina digunakan dalam pembuatan bahan kimia aluminium. Dalam refraktori, digunakan sebagai bahan baku untuk membuat beberapa produk. Bauksit adalah bahan penyusun utama dalam industri pembuatan pesawat terbang, industri listrik, mesin, dan industri pembuatan alat sipil. Anggota Holding yang mengelola aset bauksit adalah PT ANTAM, Tbk.